Menu

Mode Gelap

Indeks · 29 Mar 2023 08:11 WIB ·

Presiden Joko Widodo Pastikan Israel Ikut Serta di Piala Dunia U-20, Meski Dukungan Netizen Sempat Terbelah


					[Menara.co.id] Perbesar

[Menara.co.id]

Menara.co.id, Jakarta- Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menjamin keikusertaan Timnas Israel di Piala Dunia U-20 tidak terkait konsistensi sikap politik luar negeri Indonesia.

Jokowi mengatakan, saat ditunjuk sebagai tuan rumah, Indonesia belum tahu Israel ikut serta dalam Piala Dunia U-20. Dia menjelaskan Indonesia melalui proses seleksi yang panjang.

“Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia U-20 melalui proses biding, melalui proses seleksi panjang, dan proses akhir ada tiga kandidat negara: Brasil, Indonesia, dan Peru,” kata Jokowi dalam pernyataan pers di akun YouTube Setpres, Selasa (28/3).

Jokowi mengatakan saat itu Indonesia tidak tahu siapa saja yang ikut sebagai peserta Piala Dunia U-20. Karena saat itu masih proses prakualifikasi.

“Saat ditunjuk menjadi tuan rumah, kita tidak tahu siapa yang akan menjadi tim peserta karena masih dalam proses prakualifikasi,” ujarnya.

Baca juga:  Bupati Rezita Terima Kunjungan Silaturahmi Wakil Ketua DPRD Inhu

Dilansir dari Detikinet (29/3) Jokowi mengatakan kepastian Timnas Israel U-20 dalam ajang ini baru diketahui pada Juli 2022. “Dan kepastian soal timnas Israel U-20 baru kita ketahui pada Juli 2022,” ungkapnya.

“Saya menjamin keikutsertaan Israel tidak ada kaitannya dengan konsistensi posisi politik luar negeri kita terhadap Palestina karena dukungan kita terhadap Palestina selalu kokoh dan kuat,” tegas Jokowi.

Kendati begitu netizen masih terbelah, banyak yang mendukung tidak sedikit pula menolak. Berikut rangkumannya:

“Intinya Yg disampaikan presiden @jokowi FIFA punya aturan sendiri Yg Hrs dipatuhi anggotanya, lalu sepakat Dng Dubes Palestina agar tak mencampur-adukkan urusan olahraga Dng politik, karena itu Jng lagi ada Yg menolak kehadiran Timnas Israel di Pildun U-20,” kata @Mjohnsamosir.

Baca juga:  Ketua Umum TLCI Chapter#2, HM Raja Marwan : Riau Siap Sukseskan Jambore Nasional V di Jambi

“Ku bukan ingin mendukung Israel dan agresi mereka ke Palestina. #SavePalestina harus terus diusahakan dah diperjuangkan. Namun menurutku upaya penolakan seperti ini bisa jadi jalan tapi kayak pisau bermata dua. Gw setuju sm langkah pak Jokowi buat berdiskusi dulu ke FIFA,” ujar @Blanktito

“Kok banyak yg tiba2 insyaf inget konstitusi ???????? biasa kerjaannya provokasi melecehkan konstitusi ???? sejak kapan FIFA jadi penjajah atau sejak kapan team u20 israel jadi penjajah? Makin lucuk2 aja klean…” tulis @tukanggerutu.

“Biarin aja timnas Israel ke sini. Nanti kalau mereka tanding kita kibarkan bendera Palestina,” ajak @ecat210.

“Saya kasih solusi! U20 tetap di gelar di NKRI!! Timnas ISRAEL main di stadion Manado ! Disana ada sinagoge juga! Dan manado kota damai paling toleran! Walau Gubnya PDIP tapi nggak berani dia Nolak timnas Israel! Dikutuk dia nanti!!” ujar @channel_alec.

Baca juga:  Kejaksaan Menjadi Lembaga Penegak Hukum Yang Paling Dipercaya Masyarakat

“Dulu Soekarno dan pemuda berkorban banyak hal demi membela Palestina, skrg anak muda berani meremehkan perjuangan membela Palestina dan melupakan amanat konstitusi hanya demi main bola bersama zionis israel. Padahal prestasi juga belum tentu diraih,” kata @ak_asapary.

“Yg tolol yg sok-sok an bela Israel padahal ga ngerti sejarah besar negeri ini yg sdh sejak Republik ini berdiri sdh menegaskan Anti Penjajahan dalam bentuk apapun di muka bumi ini. Baca Pembukaan UUD1945 dan Sejarah Pak Soekarno yg melarang Timnas main melawan Israel,” ujar @ichsan_itcomm (Tb/Js/Fs)

Artikel ini telah dibaca 33 kali

Redaksi Menara badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Polsek Seberida Ringkus Pasutri Pengedar Narkoba, 10 Gram Sabu Diamankan

15 Mei 2024 - 22:20 WIB

Sukseskan Pemilu Damai 2024, Polsek Lirik Duduk Bareng Pengurus Banser

3 Februari 2024 - 15:13 WIB

Sat Binmas Polres Inhu Patroli Keliling Kota Rengat Sambil Serukan Pemilu Damai

23 Januari 2024 - 19:59 WIB

Kapolres Inhu Wujudkan Impian Julita Untuk Miliki Kaki Palsu

18 Oktober 2023 - 22:35 WIB

Polres Inhu Ungkap Kasus Karhutla di Desa Siambul, Pelaku Sengaja Bakar Lahan

14 Oktober 2023 - 01:06 WIB

Kapolsek Peranap Pimpin Latihan Penggunaan Sasumata

10 Oktober 2023 - 16:43 WIB

Trending di Indeks