Menu

Mode Gelap

Indeks · 12 Apr 2023 15:15 WIB ·

Pemko Sawahlunto Sumbar Berkunjung ke Inhu, Wabup Inhu Berharap Kunjungan Untuk Eratkan Silaturahmi


					[Menara.co.id] Perbesar

[Menara.co.id]

Menara.co.id, Indragiri Hulu- Setelah berkunjung ke Sawahlunto tahun 2022 kemarin, Pemkab Inhu kembali menyambut kedatangan Wakil Wali Kota Sawahlunto berserta rombongan di Kabupaten Indragiri Hulu, Rabu (12/04/2023).

Kunjungan kerja Wakil Walikota Sawahlunto di Inhu tersebut bertujuan untuk menjalin silahturahmi, sekaligus bertukar informasi terkait peningkatan pelayanan publik di bidang administrasi kependudukan dan pencatatan sipil.

Rombongan langsung disambut Wakil Bupati, Drs. H.Junaidi Rachmat M,Si didampingi Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Indragiri Hulu Saiful Bahri, S.Sos berserta OPD terkait ikut hadiri menyambut kedatangan Wakil Walikota Sawahlunto beserta rombongan.

Pada pertemuan itu mssing-masing daerah menguraikan permasalahan dan solusi dipaparkan dalam ajang forum kunjungan itu.

Pada kesempatan itu Wabup Inhu Junaidi Rachmat berharap sharing informasi mengenai pengelolaan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil baik dari Kabupaten Indragiri Hulu ataupun Kota Sawahlunto dapat menghasilkan konklunsi yang menjadi acuan untuk kedepan agar semakin meningkatkan kualitas pelayanan bagi publik dibidang pencatatan dan pengelolaan kependudukan.

Baca juga:  Cek Stok Beras dan BBM, Polres Inhu Kembali Datangi SPBU serta Gudang Bulog

[Menara.co.id]
Hal sama Kepala Dinas Dukcapil Indragiri Hulu, Saiful Bahri menyampaikan bahwa Inhu mengalami pertumbuhan penduduk mulai dari tahun 2018-2022, dikarenakan letak Kabupaten Indragiri Hulu yang berada di jalur lalu lintas dan didominasi dengan usaha sektor perkebunan.

“Hal ini tentunya menjadi faktor yang mempengaruhi tata kelola penerbitan pencatatan kependudukan. Selain pendataan komunitas suku-suku terpencil yang masih mengalami kesulitan,” ujar Saiful

Namun terlepas dari itu, Pemerintah Indragiri Hulu bersama dukcapil terus berupaya memgembangkan website percepatan pencatatan penduduk melalui gerakan “Admiduk Dirumahsaja”.

Serta menyusun SK Bupati untuk membatu pencatatan setiap warga desa dan bersiap beralih ke KTP berbasis digital maupun menerbitkan email untuk masyarakat yg wajib berKTP.

Baca juga:  Enam Orang WNI Korban TPPO Mendapat Perlindungan Hukum dari Atase Kejaksaan RI di Bangkok, Segera Dipulangkan ke Tanah Air

“Semua strategi ini diharapkan dapat menjadi data bagi setiap pelayanan publik di Kabupaten Indragiri Hulu. Selain itu, Perwakilan Dinas Dukcapil juga memberikan masukan, untuk memanfaatkan data penggunaan KTP digital diberbagai sektor pelayanan publik dan juga menghemat anggaran untuk beralih ke papperless”, jelasnya

Terakhir, kunjungan silahturahmi tersebut diakhiri dengan saling bertukar cendera mata dan pakaian batik khas dari masing-masing daerah. (Olv/Fs/Js/Tb)

Artikel ini telah dibaca 7 kali

Redaksi Menara badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Polsek Seberida Ringkus Pasutri Pengedar Narkoba, 10 Gram Sabu Diamankan

15 Mei 2024 - 22:20 WIB

Sukseskan Pemilu Damai 2024, Polsek Lirik Duduk Bareng Pengurus Banser

3 Februari 2024 - 15:13 WIB

Sat Binmas Polres Inhu Patroli Keliling Kota Rengat Sambil Serukan Pemilu Damai

23 Januari 2024 - 19:59 WIB

Kapolres Inhu Wujudkan Impian Julita Untuk Miliki Kaki Palsu

18 Oktober 2023 - 22:35 WIB

Polres Inhu Ungkap Kasus Karhutla di Desa Siambul, Pelaku Sengaja Bakar Lahan

14 Oktober 2023 - 01:06 WIB

Kapolsek Peranap Pimpin Latihan Penggunaan Sasumata

10 Oktober 2023 - 16:43 WIB

Trending di Indeks