Menu

Mode Gelap

Ekonomi · 11 Apr 2023 13:51 WIB ·

Pacu Pertumbuhan Ekonomi di Kota Batam, Kepala BP HMR Jamin Kemudahan Investasi bagi Investor


					[Menara.co.id] Perbesar

[Menara.co.id]

Menara.co.id, Kota Batam- Berbagai upaya selama ini secara optimal telah dilakukan oleh Badan Pengusahaan (BP) Batam dalam strategi menarik investor luar ke Kota Batam terakhir kinerjanya berbuah manis.

Bercermin dari gebrakan dari Kementrian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) tahun 2022 silam merilis nilai investasi Penanaman Modal Asing (PMA) senilai USD 746,85 juta dengan jumlah kapasitas proyek sebanyak 1.738 kegiatan

Diuraikan jumlah investasi dari PMA tersebut, meningkat sebesar 48,5 persen dibandingkan tahun 2021 lalu tercatat sebesar USD 504,17 juta.

Bahkan pada tahun 2022 lalu, komiditas PMA terbesar masih sama seperti tahun 2021, yakni golongan Barang Mesin/Peralatan Listrik dengan kenaikan 3,31 persen.

Untuk negara dengan kontribusi terbesar masih dipegang Singapura dengan investasi sebesar USD 480,2 juta. Kemudian disusul Perancis sebesar USD 91 juta; Jerman USD 45,3 juta; Taiwan USD 41,3 juta dan Hongkong sebesar USD 28,1 juta.

Baca juga:  Cek Harga Pangan dan Peredaran Upal Jelang Pemilu, Satreskrim Sidak ke Pasar Rengat

Seirmana dengan indeks pertumbuhan investasi nasional tersebut, Kepala Badan Pengusahaan Batam (BP Batam) H Muhammad Rudi (HMR) mengatakan, bahwa BP Batam juga hal sama terus berupaya agar iklim investasi di Kota Batam berjalan kondusif dan kembali bangkit pascaterpaan Pandemi Covid-19.

“Kami selalu mengapresiasi dan mendukung penuh perluasan investasi maupun investasi yang baru masuk di Batam. Kami berharap, langkah ini mampu meningkatkan nilai ekspor yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi Batam ke depan,” ujar HMR.

Di sisi lain HMR berpesan agar seluruh pemangku kepentingan di Kota Batam mampu menjaga kondusivitas daerah. Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah yang terus menggesa pembangunan infrastruktur jalan saat ini.

Dengan tujuan, agar investor terus berdatangan ke Kota Batam dan memberikan dampak positif terhadap perekonomian masyarakat.

“Kami menjamin dan mendukung kemudahan investasi. Kita jaga iklim investasi agar produksinya bisa terus berjalan,” tambahnya.

Baca juga:  Resmi! KUR BRI 2023 Dibuka 6 Maret Ini? Simak Syarat Pinjaman KUR BRI 2023 Terbaru Ini!

Saat ini, berbagai upaya dilakukan oleh BP Batam dalam menggaet investor. Salah satunya dengan menyiapkan seluruh persyaratan yang diinginkan oleh investor.

“Kalau kita ingin datang ke suatu tempat atau rumah orang, apa tujuannya? Tentu karena ada suatu daya tarik. Mungkin anaknya atau rumahnya bagus,” kias Wali Kota Batam ini.

Sehingga, lanjutnya, segala kebutuhan yang diinginkan oleh investor dipersiapkan oleh BP Batam. Mulai dari fasilitas hingga kemudahan dalam pemberian perizinan.

“Tidak boleh ada urusan yang berbelit-belit. Itu yang kita siapkan supaya investasi naik,” tegasnya.

HMR memaparkan sejumlah pembangunan juga sudah berhasil dilakukan di Batam.

Banyak pekerjaan besar yang saat ini sedang digarap BP Batam, guna membuat Batam sebagai kawasan tujuan investasi, semakin tertata dan modern, juga memiliki aksesibilitas yang mumpuni sebagai pusat logistik di Kawasan Asia Tenggara.

Di antaranya pembangunan infrastruktur jalan, pembangunan Bandara Internasional Hang Nadim, hingga pengembangan Pelabuhan Batu Ampar.

Baca juga:  Gubernur Dan Wakil Gubernur Sumut Bertemu Usai Sebelumnya Saling Sindir

“Sebagaimana diketahui, saat ini Pelabuhan Batuampar telah dilengkapi ship to shore (STS) crane buatan Korea Selatan”, lanjutnya

Dikatakan pembangunan infrastruktur menjadi pilihan sebagai fondasi utama yang disiapkan untuk menggeliatkan investasi di Batam.

“Capaian itu bisa diraih tidak lepas dari komitmen adanya jaminan kemudahan dan kenyamanan bagi investor, sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi di Batam dengan cepat,” urainya

Mengenai fasilitas transportasi hingga fasilitas infrastruktur yang sudah dipersiapkan, Dia ingin menjadikan Batam sebagai kota yang modern secara spektakuler

“Jika lembaga pemerintah BP Batam lemah untuk mempromosikan peluang dan potensi kota kepada pihak investor dalam dan luar diyakini kota ini akan sepi dari pemodal. Karenanya harus dipromosikan maksimal sehingga pihak ketiga terbuka berinvestasi dalam segala sektor. Mudah-mudahan segala kebutuhan vital warga sosial masyarkat luas dapat direalisir,” pungkasnya optimis. (Ski/Tb/Js/Fs)

Artikel ini telah dibaca 14 kali

Redaksi Menara badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Antisipasi Penimbunan BBM dan Gas Jelang Pemilu, Tipidter Polres Inhu Cek SPBU serta Agen Gas

3 Februari 2024 - 15:03 WIB

Cek Harga Pangan dan Peredaran Upal Jelang Pemilu, Satreskrim Sidak ke Pasar Rengat

3 Februari 2024 - 14:51 WIB

Keripik Durian, Oleh-oleh Khas Riau

4 Juni 2023 - 16:23 WIB

Warga Desa Rimpian Jadikan Impian Jadi Nyata, Lahan Tanah Desa yang Terlantar Jadi Produktif Jagung, Luar Biasa..!

10 Mei 2023 - 01:46 WIB

Ternyata Inhu Potensial Pengembangan Tanaman Plawija, Sekda Inhu Hendrizal dan Forkopimda Panen Puncak Sayuran di Tajir

18 April 2023 - 15:06 WIB

Pantau Secara Dekat Harga Sembako, Bupati Inhu Rezita Turun ke Tiap Sentra Pasar Rakyat di Inhu

18 April 2023 - 15:03 WIB

Trending di Ekonomi