Menu

Mode Gelap

Sosok · 14 Apr 2023 23:27 WIB ·

Mengenal Sosok Brigjen. Pol. Budi Setiawan, Purnawirawan Polri Yang Menjadi Tokoh Masyarakat Sunda


					[Menara.co.id] Perbesar

[Menara.co.id]

Menara.co.id, Jakarta- Brigjen. Pol. (Purn.) Drs. H. Budi Setiawan, M.M. (lahir Juni 1963) adalah seorang Purnawirawan Polri yang sebelumnya menjabat sebagai Widyaiswara Kepolisian Utama Sespim Lemdiklat Polri.

Budi, lulusan Akpol 1987 ini berpengalaman dalam bidang intel. Jabatan terakhir jenderal bintang satu ini adalah Karo Multimedia Divhumas Polri.

Setelah pensiun dari Polri, Budi sangat terkenal aktif dalam beberapa kegiatan masyarakat, khususnya masyarakat Sunda. Bahkan ia dianggap sebagai tokoh panutan masyarakat Sunda sehingga mendapat penghargaan dari Abah Dr. Yusuf Bahtiar, serta disematkan sebuah pin oleh Abah Anton Charliyan, yang merupakan mantan Kapolda Jawa Barat.

Mantan Kepala Biro Multimedia Divisi Humas Polri itu mendapatkan penghormatan sebagai salah satu tokoh Sunda yang menjadi panutan dan disegani, lantaran mengharumkan dan memberikan kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Sunda.

Baca juga:  Lagi.! Kejagung Mendalami Pemerksaan 1 Orang Saksi Terkait Perkara BAKTI Kemkominfo, Berlanjut 6 Orang Saksi pada Perkara Tol Japek dan 2 Orang Saksi Terkait Perkara Pengelolaan Dana Pensiun serta 1 Orang Saksi pada Perkara PT Graha Telkom Sigma

Setelah mendapatkan penghargaan tersebut, Budi Ia pun berjanji akan bersama-sama dengan masyarakat Sunda dimanapun berada, terus menjaga dan melestarikan budaya luhur Sunda.

Menurutnya simbol penghargaan itu akan terus menjadi pengingat baginya untuk menjadi orang Sunda yang berbudi pekerti luhur sebagaimana budi pekerti leluhur yang dihormati.

[Menara.co.id]
Selain aktif di kalangan masyarakat Sunda, Budi juga aktif di beberapa organisasi, salah satunya ia terpilih sebagai Ketua Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) Wilayah Jawa Barat.

Banyak tugas utama yang harus Budi lakukan setelah terpilih menjadi Ketua Umum PDBI Prov Jawa Barat, salah satunya adalah melakukan pembentukan pengurus di 27 Kabupaten/ Kota di Jawa Barat.

Bahkan, lebih jauh Budi mengharapkan jika Drum Band dan Marching Band mampu berkolaborasi dalam suatu event pariwisata di tingkat Kabupaten/ Kota. Hal tersebut semata-mata untuk meningkatkan value kebudayaan di Jawa Barat. Sehingga dapat berdampak baik dalam peningkatan kesejahteraan atlet dan pelatih serta masyarakat lokal dan pemerintahan daerah.

Baca juga:  Rakyat Dukung Yopi Jadi Riau I, Tapi Yopi Tidak Ambisi

Selain itu, Budi juga diketahui salah satu anggota Dewan Penasehat Komite Nasional Olahraga Indonesia (KONI) Propinsi Jawa Barat. Salah satu tanggung jawab bagi Budi untuk memajukkan bidang olahraga di Provinsi Jawa Barat.

Selain menjadi tokoh masyarakat Sunda dan aktif di berbagai organisasi. Budi juga terlihat aktif di partai politik. Ia menjadi salah satu kader dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra). Bahkan Budi diangkat sebagai Ketua Prawiro Jawa Barat untuk pemenangan Prabowo Subianto di Pilpres 2024 mendatang. (Tb/Js/Fs)

Artikel ini telah dibaca 56 kali

Redaksi Menara badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Polres Inhu Kembali Laksanakan Tausiyah Pada Ratusan Pelajar

23 Maret 2024 - 22:53 WIB

Bukan Janji, Tapi Nyata.? Manahara Napitupulu,SH,MH Anggota Legislator DPRD Riau dan Keluarga Hibahkan Tanah Hak Miliknya kepada Denominasi Gereja di Inhu

10 Mei 2023 - 17:44 WIB

Rudy Sufahriadi Di nilai Sosok Yang Tepat Untuk Menjadi Sestama Lemhanas

5 April 2023 - 16:47 WIB

Bagikan Takjil Untuk Pengguna Jalan, Ini Pesan Kapolres Inhu

26 Maret 2023 - 08:01 WIB

Dua Pejabat Polres Inhu Terima JMSI Riau Award dan Penghargaan, Ini Namanya

1 Maret 2023 - 13:32 WIB

Bupati INHU Rezita Meylani Yopi Terima Anugerah JMSI Award 2023

1 Maret 2023 - 13:26 WIB

Trending di Sosok