Menu

Mode Gelap

Hukum · 15 Nov 2022 16:50 WIB ·

Kejaksaan Menjadi Lembaga Penegak Hukum Yang Paling Dipercaya Masyarakat


					Tumpukan Uang Sebanyak 5,1 Triliun Yang Berhasil Disita Oleh Kejagung Dari Surya Darmadi Perbesar

Tumpukan Uang Sebanyak 5,1 Triliun Yang Berhasil Disita Oleh Kejagung Dari Surya Darmadi

Menara.co.id I Jakarta – Sejak Kejaksaan Agung Republik Indonesia (Kejagung) dipimpin oleh Jaksa Agung Prof. DR. ST. Burhanuddin, S.H., M.H., sering sekali Kejagung membongkar dan mengusut kasus-kasus besar yang meresahkan masyarakat dan merugikan negara.

Tak tanggung-tanggung dan tanpa pandang bulu, berbagai kasus kelas kakap yang merugikan negara triliunan Rupiah berhasil diusut tuntas oleh Kejagung, mulai dari buronan Djoko Tjandra, Kasus Jiwasraya, Kasus Asabri, Kasus Minyak Goreng Langka dan yang teranyar adalah Kasus Korupsi Dulta Palma Group yang merugikan negara 104 triliun Rupiah, yang merupakan korupsi terbesar sepanjang sejarah Indonesia.

Meskipun anggaran Korps Adhyaksa ini tergolong lebih kecil jika dibandingkan dengan anggaran lembaga penegak hukum lainnya, namun hal tersebut tidak menjadi halangan untuk menegakkan hukum dan menyelamatkan negara.

Baca juga:  Dahsyat.! Terima 2 Penghargaan Bergengsi, PSMTI Inhu Apresiasi Kinerja Polres Inhu

Berdasarkan informasi yang disampaikan oleh Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus), terhitung sejak Januari – November 2021, Kejagung khususnya Jampidsus telah menyelamatkan keuangan negara sebesar 21,26 triliun Rupiah.

“Selama periode Januari 2021 sampai dengan November 2021, jajaran Bidang Tindak Pidana Khusus kembali berhasil melakukan penyelamatan kerugian keuangan negara dengan jumlah yang cukup besar dalam bentuk uang tunai maupun aset berupa tanah, bangunan dan lain-lain sejumlah Rp21,267 triliun,” ungkap Jampidsus, melalui keterangan tertulis (30/12/2021).

Bahkan pengamat politik, Pangi Syarwi Chaniago, S.I.P., M.I.P., yang merupakan pendiri Voxpol Center Research and Consulting ini mengungkapkan bahwa kasus-kasus besar yang dibongkar oleh Kejagung selama ini, menunjukan Kejagung menjadi harapan baru bagi masyarakat untuk menegakkan hukum dan keadilan.

Baca juga:  Dishub Inhu dan Polri Gelar Razia Kir di Lintas Timur Terminal Pematang Reba, Belum Pasti Berapa Kenderaan Yang Terjaring.?

“Kecenderungannya, kasus-kasus besar ketika bersinggungan dengan kekuasan atau elite politik, akan berhenti. Karenanya, Kejaksaan bisa menjadi antitesis dari fenomena penegakan hukum yang selama ini terjadi,” ungkap Pangi (6/6/2022).

Melihat prestasi-prestasi yang berhasil ditorehkan oleh Kejagung selama ini, menjadikan Kejagung sebagai lembaga penegak hukum yang paling dipercaya publik.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh lembaga Indikator Politik Indonesia, Kejagung menjadi lembaga penegak hukum yang dipercaya publik.

“Kejaksaan Agung berhasil mempertahankan predikat lembaga hukum paling dipercaya publik,” jelas Burhanuddin Muhtadi, Ph.D., Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia (02/10/2022).

Bahkan Burhanuddin berpendapat sejak masa reformasi hingga saat ini, baru kali ini Kejagung menjadi lembaga penegak hukum yang paling dipercaya publik.

Baca juga:  Program "Minggu Kasih" Polres Inhu Sambangi Jemaat Gereja HKBP Kota Rengat dan Pdt Mawar Meyanti Sianipar, S.Th Nyatakan Siap Jaga Kamtibmas

“Sejak saya aktif dalam dunia riset opini publik tahun 1999 sampai sekarang. Baru belakangan, Kejaksaan Agung paling dipercaya publik,” lanjut Burhanuddin.

Tentunya kepercayaan masyarakat kepada Kejagung tidak terlepas dari kasus-kasus besar yang dibongkar oleh Kejagung selama ini. (FS)

Artikel ini telah dibaca 53 kali

Redaksi Menara badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Empat Pelaku Persetubuhan Anak Bawah Umur Diringkus Polsek Lirik

1 Juni 2024 - 18:05 WIB

Polres Inhu Gelar Upacara Sertijab Kasat Reskrim dan Dua Kapolsek

31 Mei 2024 - 19:37 WIB

Dua Pengedar dan Kurir Sabu di Seberida Dibekuk Satres Narkoba Polres Inhu

31 Mei 2024 - 19:32 WIB

Pengedar dan Kurir Sabu di Seberida Dibekuk Satres Narkoba Polres Inhu

31 Mei 2024 - 19:29 WIB

Polsek Batang Cenaku dan Polsek LBJ Ringkus Pengedar Sabu, Ini Jumlah Barang Buktinya

12 Mei 2024 - 22:36 WIB

Tiga Pria dan Satu Wanita Pengedar Sabu Diringkus Polsek Peranap

12 Mei 2024 - 22:33 WIB

Trending di Hukum